Yuks Melihat Keaneragaman Budaya Yang Ada di Kota Semarang

Yuks Melihat Keaneragaman Budaya Yang Ada di Kota Semarang

Kota Semarang adalah Ibukota Propinsi Jateng yang terletak disebelah utara pulau Jawa, dengan garis geografis Semarang berdekatan dengan Kota Kendal. Kabupaten Ungaran di sebelah selatan dan di samping timur terdapat Kabupaten Demak. Dari jutaan penduduk Semarang terdapat berbagai macam budaya dan keunikan masing-masing.

Melihat keaneragaman yang ada di Semarang

Kemajuan beberapa suku seperti Jawa, arab dan tiongkok serta memiliki budaya yang indah adalah perpaduan budaya yang dahulunya bersumber dari Kota Semarang. Merujuk pada bangunan sejarah dan nama-nama tempat di kota Semarang, maka kebudayaan yang pada saat pertama berkembang seperti Islam, dan berbagai macam suku budaya lainya.

Lokasi ini menjadi pusat bersatunya budaya yang saat ini masih di kenang serta 4 bangunan yang bersejarah yaitu : Kampung pecinan, Kampung Kauman, Kampung Melayu, dan Belanda. Ds. Kauman pada jaman dahulu adalah kawasan padat penduduk yang masih mempunyai darah jawa, sekarang keturunan Arab juga banyak. Kampung cina dahulu dihuni berbagai macam ras suku Tionghua serta desa Belanda merupakan kota pemerintahan dan dusun kecil yang sekarang disebut dengan kota lama. Juga ada desa di mana lebih banyak keturunan timur tengah, yang sekarang berbaur dengan masyarakat Semarang

Seni tari jaman dahulu yang di kota Semarang, biasanya dipertunjukkan saat pertunjukan besar atau acara penting yang ada di Semarang, seperti Dugderan. Tarian tradisional Semarang juga tidak lepas dari adat, Cina, jawa dan juga arab saudi . Jenis tari di Semarang yang hampir tidak pernah surut dari budaya asing. Bukan hanya namanya saja yang mirip dengan kotanya, tarian ini adalah salah satu keberagaman asli yang ada di Semarang. Jenis tari ini mempunyai tiga jenis gerakan utama, yaitu ngeyek, ngondek dan genjot. Selain tarian di atas kota Semarang masih memiliki tarian topeng. hal ini lebih memperhatikan pada pakaian ataupun alat yang di gunakan.

Seni Gambang yang ada di kota Atlas adalah salah satu bentuk keindahan yang sangat menarik di kota Semarang. Adapun terdiri dari berbagai macam vokal, musik, dan canda tawa. Seni Gambang yang ada di kota Semarang juga dipadu dengan Kesenian daerah. Dengan perkembangannya jaman, Gambang Semarang di samakan seperti seni tari, sejak apada jaman dahulu dimainkan oleh penari tercantik . Tarian Gambang Semarang memiliki gerakan dasar yaitu pada pinggul si penarinya. Banyak macam manfaat sebagai hiburan atau konser bagi masyarakat yang ada di jateng terutama di dareah Semarang.

Di saat musim tradisi Dugderan, kita bisa menyakasikan berbagai macam percampuran budaya asing yang ada di Semarang. Dengan adanya seni ini bisa di lihat pada Warak Endog, adalah sebuah boneka binatang raksasa mitologis yang di wujudkan sebagai karakter akulturasi budaya dari keragaman etnis yang ada di Semarang. Bagian-bagian tubuhnya terdiri dari hewan cina, badanya terdiri dari hewan (Arab) dan kaki kambing seperti hewan (Jawa). Ucapan Warak merupakan wujud dari bahasa arab Wara’I yang berarti suci. Dan Endog (telur) di gambarkan sebagai hasil ganjaran yang diperoleh seorang dari perbuatan baiknya.

Kita telah berlajar banyak mengenai beragam seni yang ada di Semarang. KIta bisa liburan ke Kota Semarang sekaligus mengenal sejarah-sejarah serta budaya yang ada di sana. Untuk masalah kendaraan Anda jangan cemas karena kami menyediakan berbagai akomodasi untuk para pelancong yang ingi berliburan kota Semarang.

Sumber: http://www.javaloka.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *